Wednesday, February 1, 2017

SEJARAH NIKON

NIKON 

Pengertian Nikon " Nikon Corporation atau Nikon Corp " Perusahaan asal jepang yang khusus memproduksi kamera , mikroskop , binokular , alat pengukur, peralatan semikonduktor dan sejenisnya dan fotolitografi

Kamera Nikon
Kamera Nikon

Nikon Corporation pertama berdiri atas kepentingan tentara jepang dalam tugas-tugas rahasia akan tetapi pada tahun 1917 seusai perang dunia pertama dikenal sebagai perusahaan dengan nama Nippon Kogaku Kogyo ' Industri Optikal Japun " Pada tahun 1984 kamera Nikon ini mulali populer dan pertama kali digunakan oleh seorang foto juranalis asal amerika srikat yang bernama Douglas David Duncan dengan aksessoris lensa tambahan LEICA , kemudian pada tahun 1988 perusahan ini duibah nama menjadi Nikon Corp hingga saat ini dan merupakan salah satu bagian dari perusahaan Mitsubushi Group.

Setelah perjalanan panjang Nikon akhirnya mulai populer pada awal tahun 1948 dimana nama nikon ini terlahir dari gabungan antar Nippon Kogaku dan Zeiss Ikon , kemudian untuk kamera pertama yang bernama Nikkor dikeluarkan untuk mendukung tambahan aksessoris lensa kamera SLR " Sigle Lens Reflect " dan kamera jenis yang lain yaitu Nikonos adalah sejenis kamera yang kusus digunakan dalam kegiatan-kegiatan bawah air atau underwater.

Kamera Nikkor
Kamera Nikkor

Nikonos
Kamera Nikonos

Kamera Nikon 

Pertama kali dipublikasikan dan dikomersilakan ke publik kamera nikon ini telah merilis dua jenis atau dua type seri kamera yaitu seri F dan seri D "Digital" keduanya memiliki tingkat fasilitas fitur berbeda jika F untuk kamera kelas frepesional sedangkan seri D adalah jenis kamera dengan fitur sederhana dan simple mudah digunakan dan cocok digunakan bagi fotografer pemula.

Dari pertama berdiri perusahaan Nikon ini memiliki persaingan tinggi ditingkat pemasarannya , ada beberapa pesaing sejati dari kamera Nikon ini antara lain Canon , Kodak, Sony, Fujifilm, Pentax dan Olympus hingga saat ini.Berikut rentetan sejarah perjalanan Nikon hingga menjadi type kamera populer.

Pada tahun 1917
Nippon kogaku K.K atau Japan Optical Co. diproduksi dari hasil penggabungan tiga lenca frima optic kesil, kemudian menghasilkan produk-produk optik sebagai bahan lanjutan mikroskop , teleskop dan alat-alat pengukur optik yang sering digunakan dalam perusahaan industri dan ilmu sains"pengetahuan".

Pada tahun 1932
Tercatat dalam sejarah pada tahun ini kamera pertama buatan Nippon Kogaku K.K dirilis kepublik yang diberi nama NIkkor namun masih diluncurkan sebagai type lensa fotografi dengan variasi ukuran antara 50MM hingga 700MM.

Pada tahun 1937
Melengkapi design untuk lensa 50mm f4.5, 3.5, dan 2.0. Nikkor resmi dikeluarkan sebagai perlengkapan asli kamera Hansa Canon yang secara kebetulan dirilis secara bersamaan. sejarah mengatakan bahwa Nippon Kogaku juga memproduksi hampir semua lensa Canon tercatat pula hingga pertengahan tahun 1947.

Pada tahun1948
Akhirnya pada tahun 1948 Nikons secara resmi merilis Kamera Nikon I sebagai produk buatan perusahan nippon itu sendiri. sebelum memakai nama brand NIKON terlebih dulu ada banyak nama yang diusulkan sebagai merk atau brand produk kamera tersebut diantaranya   PANNET, NICCA, BENTAX, NIKKA, NIKORET, NIKO and NIKKORETTE. Hingga akhirnya perusahaan memilih nama prodak yang akan dipasarkan kepublik yaitu  NIKKORETTE  sebagai nama brand ,  Namun diakhir design produk kamera dilauncing kepublik nama diubah kembali menjadi NIKON hingga saaat ini.

Pada tahun 1957.
Untuk menghasilkan yang terbaik, jurutera Nikon mencari ke seluruh dunia untuk idea dan solution yang terbaru. Leica saat itu adalah pemimpin di kamera range finder 35mm dan banyak produsen kamera mencuba untuk menirunya. Nikon memberanikan diri untuk mencuba memperbaikinya. Setelah berbagai percubaan, Nikon SP akhirnya dikeluarkan di bulan September. Diikuti oleh S3 di Mac 1958 dan S4 di Mac 1959.

Pada tahun 1959
Tepat pada bulan Mei 1959, kamera Nikon SLR seri kesatu yaitu Nikon F, diperkenalkan kepubik dan dengan sangat cepat menjadi standart prioritas tak tertulis bagi para photojurnalis dan para pecinta photografer profesional lainnya. Dalam memperkenalkan seri F, dengan viewfi nder yang dapat diganti-ganti, layer focus, dan lensa-lensanya, Nikon melewati Leica sebagai pemimpin baru di dunia kamera.

Pada tahun 1971
Akhirnya pada tahun 1971 Nikon seri kedua "Nikon F2 juga dipublikasikan kepublik dan tak perlu waktu lama kamera seri kedua 'F ini langsung menjadi prioritas utama bagi para jurnalis dan fotografer. Kamera Nikon seri F2 ini memiliki fitur yang hampir semua dibutuhkan oleh photografer profesional pada sebuah kamera SLR telah lengkap dan harga aksessoris tambahannya pun relatif mudah dibeli dan diperoleh.selain itu kamera seri F2 ini Juga memiliki bentuk yang cantik dan fetures yang menawan

Pada tahun 1983.
Lahir Kamera Seri compact dengan autofocus pertama Nikon, L35AF, dirilis kepublik dengan bandrol harga yang sangat sesuai dengan hasil jepretan nikon saat itu.

Pada tahun 1992.
Nikon membuat gebrakan dunia pemotretan dan fotografer , dimana nikon resmi meluncurkan Kamera Seri Underwater yaitu Nikonos RS, kamera bawah laut SLR yang pertama kali dibuat di dunia.

Pada tahun 1997.
Nikon  merilis seri Kamera digital Nikon COOLPIX 100.

Pada tahun 1999.
Nikon merilis Seri Kamera digital SLR profesional Nikon D1

Pada tahun 2005.
Nikon D2X digital SLR camera dipasarkan Nikon D2HS digital SLR camera dipasarkan.

Pada tahun 2007.
Nikon D3 ( Full frame ) dan D300 digital SLR camera resmi dirilis kepasaran, dengan teknologi prosesor generasi terbaru EXPEED2. naum tak lama kemudian Nikon meluncurkan  D700 Full Frame dengan fitur yang lebih mumpuni dikelasnya

Pada tahun 2008.
Nikon D3X digital SLR camera dipasarkan kali ini Nikon mengeluarkan kamera Seri Sensor 24 MP. tentu dengan teknologi ini mampu menghasilkan jepretan kamera nikon lebih prefesional.

Nikon mengeluarkan seri terbaru pada tahun 2010

Kamera Seri Nikon D90 , Spesifikasi kamera ini luar biasa dimana selain memotret juga dapat digunakan sebagai kamera dan video 

Terakhir Kamera Nikon mengeluarkan seri yang tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya pada tahun 2011 Nikon Seri D7000 dipasarkan dengan dilengkapi berbagai fitur yang mumpuni dengan tambahan vidio dengan kualitas Video super HD pada tahun 2011.

Itulah rentetan perjalanan Kamera Nikon